Doa Agar diberi Kemudahan dalam Segala Urusan

DOA AGAR DIBERI KEMUDAHAN DALAM SEGALA URUSAN

Oleh : al-Ustadz Abu Muhammad Hamzah

Doa adalah amalan yang sangat mulia dan agung. Do’a juga termasuk amalan sholih yang sangat dicintai oleh Allah Ta’ala. Karena Allah Ta’ala telah berfirman dalam surat Ghofir,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ، إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Robb kamu berfirman, “Berdoalah kepadaku, niscaya akan Aku perkenankan do’amu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku akan masuk neraka jahanan dalam keadaan hina-dina.” ( Ghofir : 60 )

Sudah selayaknya bagi kita sebagai hamba-hamba Allah Ta’ala agar memperbanyak berdo’a kepada-Nya, baik dalam keadaan senang atau sedih, lapang atau sempit, kaya atau miskin, sehat atau sakit karena ini adalah ibadah yang sangat mulia dan dicintai oleh Allah Ta’ala.

Rosulullah shallallahu ‘alaihi wassallam juga bersabda yang artinya, “Doa itu adalah ibadah, karena Robb kalian telah berfirman :

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Berdo’alah kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan do’amu”

(HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Jami’ush Shoghiir, Shohih Ibnu Majah)

Dinukil dari : Do’a-do’a Mustajab : Syaikh Sa’id Alqohthoni

 

Perlu kita ketahui, bahwa yang namanya kemudahan hanya datang dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sesuatu yang sulit pun bisa menjadi mudah jika Allah menghendaki. Untuk itu, niscaya kita selalu panjatkan doa memohon agar diberi kemudahan dalam segala urusan, baik urusan dunia maupun urusan akhirat.

Memang, manusia punya kehendak, namun kehendak tersebut bisa terlaksana dengan baik sesuai harapan, jika Allah menghendakinya. Maka dari itu, kita sangat dianjurkan untuk selalu berdoa dalam hal-hal apa pun yang kita kerjakan, baik dalam keadaan sulit maupun dalam keadaan lapang. Dan berikut adalah lafadz bacaan doa agar dimudahkan dalam segala hal lengkap bahasa Arab, latin dan artinya.
اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

ALLOOHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAA, WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAA.

Artinya :
Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau telah menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Itulah doa supaya diberi kemudahan dalam segala kesulitan, semoga kita merupakan orang-orang yang selalu mengamalkan doa ini, baik dalam keadaan sulit maupun saat kita lapang.  Dan semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kelapangan bagi kita semua. Amin.