Tentang Kami

بسم الله الرحمن الرحيم

PENDAHULUAN

Membaca perkembangan situasi dan kondisi tatanan sosial kemasyarakatan di Indonesia yang akhir-akhir ini dilanda krisis yang berkepanjangan, terutama krisis aqidah, akhlaq dan mentalitas yang mengakibatkan stabilitas kehidupan menjadi terganggu, dengan berbagai keterbatasan dan kelemahan yang kami miliki, kami mencoba memberikan sebuah solusi yang sudah teruji dan terukir indah dalam sejarah yaitu pada masa Rasulullah, untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi kaum muslimin di Indonesia. Solusi tersebut adalah dengan mencetak sebuah generasi yang beriman, berilmu, selalu mengajak kepada al haq dan  berjiwa kokoh yang menguasai ilmu Al Qur’an dan As Sunnah sebagaimana pemahaman para salafush shalih (sahabat Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam) dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa berguna bagi agama, bangsa dan negara.

Hanya generasi tersebutlah yang mampu mengemban tugas dari Allah subhanahu wata’ala sebagai generasi pilihan pemakmur dunia dalam naungan ridha dan hidayah-Nya.Sehingga, kehidupan masyarakat muslimin menjadi aman, tentram, adil dan sentosa, gemah ripah loh jinawi.
Untuk ikut andil dalam mencetak generasi idaman tersebut, dengan langkah-langkah kecil Yayasan Khidmatus Sunnah mencoba menapaki jalan para nabi dan rosul, menebar ilmu dan berperan aktif melakukan kegiatan belajar-mengajar untuk kalangan anak-anak dan pemuda. Kami sadar dengan kekurangan yang ada, oleh karena itu kami  terus mengadakan perbaikan secara komperhensif baik itu dalam sistim pengajaran, kurikulum, maupun segi-segi lainnya terutama sarana-prasarana yang saat ini sudah tidak mampu lagi menampung murid baru karena keterbatasan fasilitas yang ada.

Semoga apa yang kami lakukan ini bisa memberikan modal kepada para murid hingga memiliki keimanan dan jalan yang lurus, budi pekerti yang mulia serta keilmuan yang memadai yang dapat mengantarkan mereka bahagia di dunia dan akhirat.

SEJARAH SINGKAT

Kegiatan pembinaan keagamaan ini sudah dirintis sejak tahun 1963 oleh Bapak M Solechan.Kegiatan yang dilakukan hanya terbatas pada belajar membaca Alquran.Pada waktu itu kondisi politik sangat tidak kondusif terhadap masyarakat beragama karena umat Islam mendapat rongrongan dari kelompok komunis.
Setelah meletusnya G-30S/PKI barulah jumlah masyarakat baik tua-muda, besar maupun kecil yang mengikuti kegiatan ini mengalami peningkatan.Namun pada waktu itu, kegiatan ini belumlah dikelola secara khusus dan hanya berjalan seadanya.

Barulah pada awal tahun 2002 dengan dipelopori oleh Ustadz Tsanin dan Drs. Zaenal Waluyo, pondok dikelola dengan manajemen yang lebih tertata. Pada waktu itu, pondok hanya menampung murid usia TK dan SD.

Dan pada tahun 2006 seiring dengan kebutuhan mendesak akan tenaga huffazh untuk membimbing murid yang kecil, kami memberanikan diri untuk membuka program pengkaderan pengajar Tahfizhul Quran yang kami peruntukkan bagi para pemuda.

Atas berbagai pertimbangan dan kebutuhan mendesak akan adanya sebuah payung yang menaungi kegiatan dakwah yang kami lakukan, maka pada tahun 2007 kami mendirikan yayasan dakwah yang diberi nama Yayasan Khidmatus Sunnah.

Kemudian pada tahun 2009 atas permintaan masyarakat sekitar pondok yang memiliki anak berumur sekitar empat tahun maka didirikanlah Tarbiyatus Sibyan atau lebih dikenal di kalangan umum dengan istilah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Dengan karunia dan barokah dari-Nya, hingga saat ini pondok bisa menampung murid baik yang besar maupun kecil sejumlah 358 orang.Itupun dengan catatan bahwa, banyak anak-anak yang terpaksa kami tolak untuk menjadi santri karena keterbatasan fasilitas yang ada.

VISI dan MISI

A.VISI
Mencetak generasi islami yang meneladani para sahabat Rasulullah.

B. MISI
Menanamkan aqidah dan pemahaman agama yang benar sehingga para murid menjadi pribadi muslim yang berislam secara kaffah, bertaqwa dan menjadi rahmatan lil alamin.

Membina para murid agar berbudi pekerti luhur, berakhlaq sesuai tuntunan Al Quran dan As Sunnah dengan pemahaman Salafush Shalih.

Mencetak murid yang hafal Al Quran dan dapat mewujudkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

TUJUAN

Menyebarkan keyakinan dan ajaran Islam yang benar sesuai dengan pemahaman salafush shalih.

Memberikan andil dalam menciptakan masyarakat yang agamis, dinamis dan berstabilitas sosial, khususnya bagi masyarakat sekitar pondok dan umumnya pada skala nasional.

IDENTITAS PESANTREN

Nama Pesantren : Pondok Tahfizhul Qur’an Al Manshurah
Alamat : Jl. Tondano No. 7 RT 01/03
Desa : Mujur
Kecamatan : Kroya
Kabupaten : Cilacap
Propinsi : Jawa Tengah
Kode Pos : 53282
Telepon : 085 641 296 904
No rekening Bank : Bank Mandiri KCP Kroya no 139-00-0466083-7  a/n Tio Sunarso